"WELCOME TO MY BLOG * DZIA UNTAIAN CINTA *"

Rabu, 27 April 2016

RPP SMPN IPA KELAS VII/II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     SMPN I ............
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                     :    6 X 40’

Standar Kompetensi           :     6.      Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

 

Kompetensi Dasar   :     

6.2   Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.


Tujuan Pembelajaran         :     Peserta didik dapat:
Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2.          Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
3.          Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4.          Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5.          Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
6.          Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
Menjelaskan tujuan kunci determinasi
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Klasifikasi Makhluk Hidup

Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Direct Instruction (DI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                  Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
               
Langkah-langkah Kegiatan


SIKLUS PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana cara mengelompokkan makhluk hidup?
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
F  Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat makhluk hidup yang ditemukan.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
F  Guru menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi 5 kingdom.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar klasi-fikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima kingdom.
F  Guru menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa contoh nama ilmiah makhluk hidup.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok berdiskusi untuk menuliskan nama ilmiah makhluk hidup yang ditemui di sekitar sekolah.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Guru menjelaskan tujuan adanya kunci determinasi dan memberikan contoh kunci determinasi untuk menempatkan makhluk hidup ke dalam suatu kingdom.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

SIKLUS KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah nama ilmiah dari tanaman Jagung?
            -     Apakah dasar klasifikasi makhluk hidup?
     
b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
F  Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat makhluk hidup yang ditemukan.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
F  Guru menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi 5 kingdom.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar klasi-fikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima kingdom.
F  Guru menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa contoh nama ilmiah makhluk hidup.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;







SIKLUS KETIGA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah dasar klasifikasi makhluk hidup?
            -     Bagaimana aturan untuk menulis nama ilmiah makhluk hidup?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
F  Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
F  Menjelaskan tujuan kunci determinasi.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
F  Guru menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi 5 kingdom.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar klasi-fikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima kingdom.
F  Guru menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa contoh nama ilmiah makhluk hidup.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok berdiskusi untuk menuliskan nama ilmiah makhluk hidup yang ditemui di sekitar sekolah.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Guru menjelaskan tujuan adanya kunci determinasi dan memberikan contoh kunci determinasi untuk menempatkan makhluk hidup ke dalam suatu kingdom.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Alat dan bahan praktikum
c.   Lingkungan









Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya

·  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup

·  Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom

·  Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati

Ter tertulis





Tes tertulis



Tes tertulis




Tes unjuk kerja
PG






Uraian



Uraian




Uji petik  kerja produk
Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu
a. kepala
b. kulit
c. alat gerak*
d. ekor
Apa sajakah keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya pengklasifikasian makhluk hidup?

Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom berdasar sel penyusunnya!

Dari gambar hewan yang sudah tersedia klasifikasikan berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya!








                               

Mengetahui,
Kepala SMPN I Mutiara


     .............................
            NIP: 
  
Beureunuen ………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



           ........................
                   NIP: 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                               :     SMPN I Mutiara
Kelas / Semester                 :     VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran                  :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                     :    6 X 40’

Standar Kompetensi           :     7.     Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

Kompetensi Dasar              :     

7.1   Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem.

Tujuan Pembelajaran         :     Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian ekosistem.
2.          Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
3.          Menyebutkan macam-macam ekosistem.
4.          Menjelaskan komponen-komponen ekosistem.
5.          Membedakan organisme autrotof dan organisme heterotof.
6.          Membedakan organisme herbivora, karnivora dan omnivora.
7.          Menjelaskan hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
8.          Menjelaskan saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
9.          Menjelaskan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan.
10.      Membuat jaring-jaring makanan yang terbentuk dari sekumpulan rantai makanan.
11.      Menjelaskan pengertian arus energi.
12.      Menjelaskan siklus materi.
13.      Menyebutkan pola interaksi organisme.
14.      Membedakan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Komponen Ekosistem, Peran, dan Interaksinya

Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Direct Instruction (DI)
                                                  -       Cooperative Learning
                                                          Metode
                                                  -       Diskusi kelompok
                                                  -       Observasi
                                                  -       Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan

SIKLUS PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Dalam ekosistem, tumbuhan tergolong produsen atau konsumen?
            -     Apakah kucing tergolong hewan karnivora atau herbivora?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan produsen?
            -     Apakah yang dimaksud dengan hewan karnivora?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian ekosistem.
F  Menjelaskan satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
F  Menyebutkan macam-macam ekosistem.
F  Menjelaskan komponen-komponen ekosistem.
F  Membedakan organisme autrotof dan organisme heterotof.
F  Membedakan organisme herbivora, karnivora dan omnivora.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan dan mencatat apa yang dilihat.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ekosistem.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan satuan makhluk hidup dalam ekosistem (individu, populasi dan komunitas).
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tali rafia, meteran, dan alat tulis untuk mengamati makhluk hidup yang terdapat di tempat pengamatan.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami pengertian individu, populasi dan komunitas dalam suatu ekosistem.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan macam-macam ekosistem berdasarkan proses terbentuknya.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan komponen-komponen ekosistem yaitu komponen biotik (produsen, konsumen dan dekomposer) dan komponen abiotik (air, tanah, udara, cahaya matahari, suhu dan kelembaban).
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian dan contoh dari organisme autrotof dan organisme heterotof.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan organisme yang termasuk ke dalam heterotof (herbivora, karnifora dan omnivora).
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
SIKLUS KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi                                    
            -     Bisakah tumbuhan hidup tanpa air?
                  .     Prasyarat pengetahuan                         
            -     Apakah pengaruh air terhadap makhluk hidup?
           
b.   Kegiatan Inti 
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
F  Menjelaskan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan.
F  Membuat jaring-jaring makanan yang terbentuk dari sekumpulan rantai makanan.
F  Membedakan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua kotak atau nampan, alat tulis, kertas label, beberapa ekor cacing tanah dan tanah.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengaruh air dan udara terhadap makhluk hidup, pengaruh tumbuhan terhadap tanah dan udara serta pengaruh cacing tanah terhadap kesuburan tanah.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian produsen, konsumen dan pengurai.
F  Peserta didik secara berkelompok membuat nama makhluk hidup pada kertas karton dengan panjang 25 cm dan lebar 10 cm.
F  Peserta didik diminta untuk bermain peran mengenai rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan menggunakan tali rafia dan nama makhluk hidup.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil dari bermain peran di depan kelas.
F  Guru menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Guru menjelaskan pengertian piramida makanan dan arus energi kemudian memberikan pertanyaan kepada peserta didik sebagai umpan balik terhadap pemahaman materi.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;




SIKLUS KETIGA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi                                    
            -     Apakah peran tumbuhan dalam rantai makanan?
      .     Prasyarat pengetahuan                                     
            -     Apakah yang dimaksud dengan rantai makanan?


b.   Kegiatan Inti 
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian arus energi.
F  Menjelaskan siklus materi.
F  Menyebutkan pola interaksi organisme.
F  Membedakan simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua kotak atau nampan, alat tulis, kertas label, beberapa ekor cacing tanah dan tanah.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengaruh air dan udara terhadap makhluk hidup, pengaruh tumbuhan terhadap tanah dan udara serta pengaruh cacing tanah terhadap kesuburan tanah.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
F  Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian produsen, konsumen dan pengurai.
F  Peserta didik secara berkelompok membuat nama makhluk hidup pada kertas karton dengan panjang 25 cm dan lebar 10 cm.
F  Peserta didik diminta untuk bermain peran mengenai rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan menggunakan tali rafia dan nama makhluk hidup.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil dari bermain peran di depan kelas.
F  Guru menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Guru menjelaskan pengertian piramida makanan dan arus energi kemudian memberikan pertanyaan kepada peserta didik sebagai umpan balik terhadap pemahaman materi.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Sumber Belajar
a.   Buku IPA Terpadu
b.   Alat dan bahan praktikum
c.   Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Mengindentifikasikan satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama
·    Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem

Observasi






Tugas
Lembar observasi





Tugas proyek
Gambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati! Lakukan dalam bentuk kerja kelompok!

Presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan!

                             

                                                                                                       


Mengetahui,
            Kepala SMPN I Mutiara



            ................................
                          NIP: 
      
Beureunuen ………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



       ..........................
             NIP: 
                                                                                     




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tentang dzia untaian cinta