"WELCOME TO MY BLOG * DZIA UNTAIAN CINTA *"

Senin, 09 Mei 2016

PROGRAM SEMESTER EKONOMI XI/1-2

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah                         : SMA ..............
Mata Pelajaran                        : Ekonomi
Kelas/Semester                        : XI/1
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
Juli
Agustus
  September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.


2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
1.1  Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2  Mengamalkan nilai-nilai agama dalam peranannya sebagai pelaku ekonomi
2.1    Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,  tanggung jawab, peduli, dan kritis sebagai pelaku ekonomi.








3.1 Mendeskripsikan  konsep pembangunan ekonomi,  pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
4.1 Menyajikan  temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta  cara mengatasinya
3.2 Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
4.2  Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia
3.3 Mendeskripsikan pendapatan nasional
4.3 Menyajikan hasil perhitungan pendapatan nasional
3.4 Mendeskripsikan  APBN dan APBD dalam pembangunan


4.4  Mengevaluasi  peran APBN dan APBD terhadap pembangunan.
3.5    Menganalisis peran,  fungsi, dan manfaat  pajak
4.5  Mengevaluasi peran, fungsi dan manfaat pajak















64 JP



























Uji Materi

4 JP



























Remedial

4 JP




























                                        Mengetahui,                                                                                                             
                                        Kepala SMA ............                                                                                                Guru Mata Pelajaran



                                        ....................................                                        ......................................
                                        Nip ...................                                                                                                        Nip ........................




PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah                         : SMA
Mata Pelajaran                        : Ekonomi
Kelas/Semester                        : XI/2
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Alokasi Waktu
JANUARI
FEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI

2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.


2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
3.6 Menganalisis Indeks harga dan inflasi

4.6  Menyajikan temuan hasil analisis indeks harga dan inflasi

3.7 Mendeskripsikan kebijakan moneter dan kebijakan fiscal

4.7  Mengevaluasi peran dan fungsi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal

3.8 Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia

4.8 Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia

3.9 Mendeskripsikan pasar modal dalam perekonomian

4.9 Menyimulasikan
mekanisme perdagangan saham dan investasi di pasar modal

3.10 Mendeskripsikan konsep dan kebijakan perdagangan internasional

4.10 Mengevaluasi dampak kebijakan perdagangan internasional

3.11 Menganalisis kerjasama ekonomi internasional

4.11 Menyajikan hasil analisis kerjasama ekonomi internasional
















60 JP
























Uji Materi

4 JP



























Remedial

4 JP

























                                        Mengetahui,
                                        Kepala SMA N 1 Mutiara                                                                                        Guru  Mata Pelajaran



                                        ................................................                                        ...........................................
                                        Nip .............................                                                                                              Nip ..............................



tentang dzia untaian cinta