PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah : SMA ..............
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
1.1 Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi
di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
1.2 Mengamalkan nilai-nilai agama dalam peranannya
sebagai pelaku ekonomi
2.1
Bersikap
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya
mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, dan
kritis sebagai pelaku ekonomi.
3.1 Mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara
mengatasinya
4.1 Menyajikan temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan
pertumbuhan ekonomi serta cara
mengatasinya
3.2 Menganalisis
permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis masalah
ketenagakerjaan di Indonesia
3.3 Mendeskripsikan
pendapatan nasional
4.3 Menyajikan hasil
perhitungan pendapatan nasional
3.4 Mendeskripsikan APBN dan APBD dalam pembangunan
4.4 Mengevaluasi peran APBN dan APBD terhadap pembangunan.
3.5
Menganalisis peran, fungsi, dan manfaat pajak
4.5 Mengevaluasi peran, fungsi dan manfaat
pajak
|
64 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMA ............ Guru
Mata Pelajaran
.................................... ......................................
Nip ................... Nip
........................
PROGRAM
SEMESTER
TAHUN
PELAJARAN 2015 / 2016
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/2
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
Alokasi Waktu
|
JANUARI
|
FEBRUARI
|
MARET
|
APRIL
|
MEI
|
JUNI
|
|||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||||
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
3.6
Menganalisis Indeks harga dan inflasi
4.6 Menyajikan temuan hasil analisis indeks harga dan inflasi
3.7
Mendeskripsikan kebijakan moneter dan kebijakan fiscal
4.7 Mengevaluasi
peran dan fungsi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
3.8 Menganalisis
peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
4.8 Menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam sistem
perekonomian Indonesia
3.9 Mendeskripsikan
pasar modal dalam perekonomian
4.9 Menyimulasikan
mekanisme perdagangan saham dan
investasi di pasar modal
3.10 Mendeskripsikan
konsep dan kebijakan perdagangan internasional
4.10 Mengevaluasi
dampak kebijakan perdagangan internasional
3.11 Menganalisis
kerjasama ekonomi internasional
4.11 Menyajikan hasil
analisis kerjasama ekonomi internasional
|
60 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Uji Materi
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
Mengetahui,
Kepala
SMA N 1 Mutiara Guru
Mata Pelajaran
................................................ ...........................................
Nip ............................. Nip
..............................