"WELCOME TO MY BLOG * DZIA UNTAIAN CINTA *"

Rabu, 27 April 2016

RPP BAHASA INGGRIS PASSIVE VOICE KELAS IX/II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Satuan  Pendidikan     :  SMAN ..........
Mata Pelajaran            :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester           :  IX / 2
Materi  Pokok             :  Passive Voice
Skill                            :  Writing
Alokasi Waktu            :  2x 45 menit ( 2x pertemuan)


A.    Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.

   KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong                                            royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap   sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan  lingkungan  sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam  pergaulan dunia.

     KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,         procedural  dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan  peradaban  terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural  pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan  masalah.

     KI 4  :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait    dengan  pengembangan  dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,  bertindak  secara  efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek berbentuk narrative, spoof,descriptive  dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C. Kompetensi Dasar
        12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sangat sederhana degan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Indikator Pencapain Kompetensi
Tanya jawab tentang passive voice.
Ø  Siswa dapat mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat. (S+V+O).
Ø  Siswa dapat membuat kalimat passive voice dengan berbagai bentuk tenses.
Ø  Memperhatikan dan menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis    dengan benar
 Budaya dan Karakter Bangsa
Ø  Kreatif
Ø  Teliti
Ø  Kerja keras
Ø  Mandiri

          C.Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaraa:
         Siswa dapat membuat kalimat passive voice dengan berbagai bentuk tenses.
         Siswa dapat mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat (S+V+O)


         D.Materi Pokok
           •      1.Present simple
           S + am/is/are + V3 + O
           •      2.Past simple
           S + was/were + V3 + O
           •      3. Simple Perfect
           S + has/have + been + V3 + O
           •      4. Simple Future
           S + will / shall + be + V3 + O
           •      5. Present progressive
           S + is being +V3 + O
Verb : to help
Subject
Verb “ to be”
Past Participle
Simple Present:
The boy
Is
Helped by mary
Simple past:
The boy
Was
Helped by mary
Present continuous:
The boy
is being
Helped by mary
Past continuous:
The boy
was being
Helped by mary
Present perfect:
The boy
has been
Helped by mary
Past perfect:
The boy
had been
Helped by mary
Present future:
The boy
will be
Helped by mary
Past future:
The boy
would be
Helped by mary

       E.Metode Pembelajaran / Teknik
Audio Visual Method (AFM)


F. Langkah-lankah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal (5’)
  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas.
  Mengecek kehadiran siswa
  Apersepsi
  Motivasi siswa
Kegiatan inti (10’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
         Memberikan stimulus berupa pemberian materi tentang passive voice.
          Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengungkapkan pengetahuan mereka tentang passive voice.
         Memberikan kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif.
Elaborasi
         Menjelaskan bentuk passive sentence kepada siswa
         Membimbing siswa untuk mengidentifikasi bagia-bagian dari kalimat. Mana S, V, dan O.
         Membimbing siswa untuk membuat kalimat pasif dengan berbagai bentuk tenses.
         Mengajak siswa ikut serta dalam menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
         Membimbing siswa untuk terbiasa menggunakan tanda baca yang baik dan benar dalam menulis kalimat.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
         Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi apresiasi dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
         Memberikan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah di lakukan.
         Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi passive voice.
Kegiatan akhir (5’)
         Guru memberikan tugas kepada siswa (homework)
         Guru  memberikan kesimpulan tentang materi yang telah di sampaikan.
         Mengucapkan salam kepada siswa ketika hendak keluar dari ruang kelas.

          G.Sumber / Bahan / Alat
         English Grammar Third Edition Betty Schrampfer .A
         Sricpt dari buku
         Kamus.
         Infokus
H.Penilaian
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh

No.
Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.


Merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif sesuai dengan S, V, dan O
Tes tertulis
Mengerjakan latihan soal.
Change these active sentences into their passive forms!



      E.     Pedoman penilaian

Kriteria
Jika menulis kata-kata benar, kalimat benar, dan sesuai dengan structure.
Jika kata-kata benar, kalimat benar, dan tidak sesuai dengan structure.
jika kata-kata  benar, kalimat kurang tepat dan tidak sesuai dengan structure.
Jika kata-kata salah, kalimat salah, dan tidak sesuai dengan structure.
Nilai
100
90
80
70
                                               

 

 Mengetahui
Kepala SMAN............

    ..............................
             NIP. 

                                                           Bandar Mutiara, 3 Maret 2016
                                       Guru Bidang Study


                                            .......................                                                                              NIP. 
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tentang dzia untaian cinta