RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN ..........
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
IX / 2
Materi Pokok :
Passive Voice
Skill :
Writing
Alokasi Waktu :
2x 45 menit ( 2x pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Standar
Kompetensi
12. Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek berbentuk narrative,
spoof,descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
C. Kompetensi Dasar
12.1 Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sangat sederhana degan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Indikator Pencapain Kompetensi
Tanya jawab tentang passive voice.
Ø Siswa dapat
mengidentifikasi bagian masing-masing dari kalimat. (S+V+O).
Ø Siswa dapat membuat kalimat passive
voice dengan berbagai bentuk tenses.
Ø Memperhatikan
dan menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan benar
Budaya dan Karakter Bangsa
Ø Kreatif
Ø Teliti
Ø Kerja keras
Ø Mandiri
C.Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaraa:
Siswa
dapat membuat kalimat passive voice dengan berbagai bentuk tenses.
Siswa dapat mengidentifikasi
bagian masing-masing dari kalimat (S+V+O)
D.Materi Pokok
• 1.Present simple
S +
am/is/are + V3 + O
• 2.Past simple
S +
was/were + V3 + O
• 3. Simple Perfect
S +
has/have + been + V3 + O
• 4. Simple Future
S +
will / shall + be + V3 + O
• 5. Present progressive
S +
is being +V3 + O
Verb : to help
Subject
|
Verb “ to be”
|
Past Participle
|
Simple Present:
|
||
The boy
|
Is
|
Helped by mary
|
Simple past:
|
||
The boy
|
Was
|
Helped by mary
|
Present continuous:
|
||
The boy
|
is being
|
Helped by mary
|
Past continuous:
|
||
The boy
|
was being
|
Helped by mary
|
Present perfect:
|
||
The boy
|
has been
|
Helped by mary
|
Past perfect:
|
||
The boy
|
had been
|
Helped by mary
|
Present future:
|
||
The boy
|
will be
|
Helped by mary
|
Past future:
|
||
The boy
|
would be
|
Helped by mary
|
E.Metode Pembelajaran / Teknik
Audio Visual Method (AFM)
F. Langkah-lankah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan awal (5’)
Mengucapkan salam dengan ramah
kepada siswa ketika memasuki ruang kelas.
Mengecek kehadiran siswa
Apersepsi
Motivasi siswa
Kegiatan inti (10’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi tentang passive voice.
Memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengungkapkan pengetahuan mereka tentang passive voice.
Memberikan
kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan perbedaan kalimat aktif dan kalimat
pasif.
Elaborasi
Menjelaskan
bentuk passive sentence kepada siswa
Membimbing
siswa untuk mengidentifikasi bagia-bagian dari kalimat. Mana S, V, dan O.
Membimbing
siswa untuk membuat kalimat pasif dengan berbagai bentuk tenses.
Mengajak siswa
ikut serta dalam menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
Membimbing
siswa untuk terbiasa menggunakan tanda baca yang baik dan benar dalam menulis kalimat.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi apresiasi dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
Memberikan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah di lakukan.
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi passive
voice.
Kegiatan akhir (5’)
Guru
memberikan tugas kepada siswa (homework)
Guru memberikan kesimpulan tentang materi yang
telah di sampaikan.
Mengucapkan
salam kepada siswa ketika hendak keluar dari ruang kelas.
G.Sumber / Bahan / Alat
English
Grammar Third Edition Betty Schrampfer .A
Sricpt
dari buku
Kamus.
Infokus
H.Penilaian
Indikator,
Teknik, Bentuk, dan Contoh
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
|
Merubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif sesuai dengan
S, V, dan O
|
Tes tertulis
|
Mengerjakan latihan soal.
|
Change these active sentences into their passive forms!
|
E. Pedoman
penilaian
Kriteria
|
Jika menulis kata-kata benar, kalimat
benar, dan sesuai dengan structure.
|
Jika kata-kata benar, kalimat benar,
dan tidak sesuai dengan structure.
|
jika kata-kata benar, kalimat kurang tepat dan tidak
sesuai dengan structure.
|
Jika kata-kata salah, kalimat salah,
dan tidak sesuai dengan structure.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Mengetahui
Kepala SMAN............
..............................
NIP.
|
Bandar Mutiara, 3 Maret 2016
Guru Bidang
Study
....................... NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar